Beliau masyhur dengan sebutan As-Segaff. Beliau merupakan salah satu
pemuka sadah Ba`alawi Qutb Al-Aulia yang lahir pada tahun 739 H di
Tarim, Hadhramaut. Ibunya bernama Aisyah binti Abi Bakar ibnu Ahmad
Al-Faqih Al-Muqaddam.
Guru guru beliau
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff banyak mempelajari kitab Syari’ah dan
hakekat, sehingga diriwayatkan bahwa beliau telah menguasai sekaligus
hafal di luar kepala, lebih kurang 50 jilid buku dalam ilmu Syariah,
itu pun belum termasuk tasawuf, tauhid dan prinsip ilmu yang lain.
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra selama masa belajarnya telah dibina
oleh tokoh-tokoh terkemuka di zamannya, beberapa di antara guru-guru
beliau adalah :
1. Al-‘Alim Al-Allamah Muhammad bin Alwi bin Ahmad bin Sayyidina
Al-Faqih Al-Muqaddam Ra. Melalui guru beliau ini, As-Syĕkh Abdurrahman
As-Segaff mempelajari kitab karya Al-Imamain Al-Azimain Bil Maqomil
‘Ali Muhammad Al-Ghazali dan Imam Mazhab Bil It-Tifaq As-Syĕkh Abu
Ishak, serta kitab Al-Wajiz dan Al-Muhazib serta kitab karya Al-Imam
As-Syayrodzy.
2. As-Syĕkh Ali bin Salim.
3. As-Syĕkh Al-Arib Al-Mualim Ahmad bin Muhammad Al-Khatib. Semasa
kecil beliau mempelajari dan menghafal Al-Qur`an Al-Karim kepada guru
beliau ini.
4. Al-Imam Ali bin Sa`id Basulaib.
5. Al-Imam Abu Bakar bin Isa Bayazid, yang tinggal di Wadi Amad.
6. As-Syĕkh Al-Imam Umar bin Sa`id Bajabir.
7. Al-Arif Billah Ta`ala Mazahim bin Ahmad Bajabir Shohib Barum.
8. Al-Imam Al-Wali Abdullah bin Thohir Ad-Du`ani.
9. Al-Imam Al-Faqih Muhammad bin Sa`ad Basyakil Shohib Al-Fiil. Melalui
guru beliau ini, As-Syĕkh Abdurrahman mempelajari kitab Al-Ihya,
Ar-Risalah dan Al-Ma`arif serta Al-Awarif.
10. Al-Imam As-Syĕkh Al-Islam Muhammad bin Abu Bakar Ba Ibad.
11. As-Syĕkh Al-Qodhi Muhammad bin Sa`id Kabn.
Beliau tinggal di kota ‘Adn. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff
mendalami ilmu Nahwu dan Shorof juga ilmu bahasa yang lain seperti
Mantiq dan lain-lain kepada guru beliau ini.
Murid murid beliau
Banyak di antara murid-murid beliau di kemudian hari menjadi ulama yang
termasyhur, termasuk di dalamnya adalah anak-anak dan keponakan beliau
serta anak dari guru beliau sendiri. Beberapa di antaranya adalah:
1. Al-Imam Al-Qutb Al-Ghauts As-Syĕkh Al-Kabir AbuBakar bin As-Syĕkh
Abdurrahman As-Segaff Al-Masyhur bis “Sakran” dan saudaranya.
2. Al-Imam Al-Qutb Al-Ghauts As-Syĕkh Al-Kabir Umar bin As-Syĕkh
Abdurrahman As-Segaff Al-Masyhur bil “Mahdhor”.
3. Al-Arif Billah Abu Bakar bin Alwi As-Syaibaih, dan saudaranya.
4. Al-Imam Asy-Syahir Muhammad bin Alwi.
5. Al-Arif Billah Muhammad bin Hasan Asy-Syahir Bi Jamalullail.
6. Al-Imam Al-Kabir Muhammad Shohib Aidid bin Ali.
7. Al-Arif Billah Ahmad bin Umar Shohib Al-Mushof .
8. An-Nur Al-Muta`ajjat Al-Imam Sa`ad bin Ali Madhaq.
9. As-Syĕkh Muhammad bin Abdurrahman bin As-Syĕkh Muhammad bin
Abdurrahman bin Al-Imam As-Syeikh Ali bin Muhammad bin Ali bin Muhammad
Shohibul Wa’al Al-Khotib Al-Anshory, dan anak beliau, penulis kitab
“Al-Jauhar As-Syafaf” yaitu :
10. As-Syĕkh Abdurrahman bin Muhammad Al-Khotib.
11. As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib.
12. Syĕkh Ali bin Muhammad Al-Khotib.
dan banyak lagi
Anak anak beliau
Beliau mempunyai delapan orang anak laki-laki dan enam orang anak
perempuan, yang merupakan anak-anak yang soleh dan solehah. Setiap anak
laki-laki beliau membaca tahlil sebanyak 70.000 kali dan anak perempuan
beliau membaca tahlil sebanyak 35.000 kali, yang pahalanya dihadiahkan
kepada Imam As-Segaff. Beliau selalu menginfaqkan harta beliau bagi
anak-anaknya untuk mereka gunakan di jalan Allah SWT. Sayyidina Al-Imam
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendirikan 10 buah masjid dan anak-anak
beliau mendirikan 3 masjid. Selain itu beliau juga memberikan wakaf
bagi setiap masjid. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra juga
mempunyai banyak kebun kurma di Tarim dan di kota Al-Masfalah dan
beliau mem-bacakan surat Yasin bagi setiap pohon kurmanya.
Anak beliau yang perempuan adalah :
1. As-sayyidah Asy-Syarifah Maryam. Saudari sekandung dari As-Syĕkh Abu
Bakar As-Sakran, ibu dari Abu Bakar Al-Jufri bin Muhammad bin Ali bin
Muhammad bin Ahmad bin Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam.
2. As-sayyidah Asy-Syarifah Fatimah. Saudari sekandung dari Syeikh, ibu
dari Muhammad bin Ahmad bin Hasan Al-Wara`.
3. As-Sayyidah Asy-Syarifah Bahiyah. Saudari kandung dari Hasan bin
Abdurrahman As-Segaff.
4. As-sayyidah Asy-Syarifah Asma`. Saudari kandung dari Husein bin
Abdurrahman As-Segaff.
5. As-sayyidah Asy-Syarifah Aisyah. Ibu dari Abdurrahman Kheilah bin
Abdullah bin Alwi Maula Ad-Dawiylayh, ibunda beliau (isteri As-Syĕkh
Abdurrahman As-Segaff) berasal dari Bani Haritsah.
6. As-sayyidah Asy-Syarifah Alwiyah As-Saumul Kubro. Ibu dari Maryam
binti Umar Syanah, saudara dari Abu Bakar Al-Jufri. Ibunda beliau
(isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) berasal dari ‘Inat.
7. As-sayyidah Asy-Syarifah Alwiyah Al-Qarah As-Sughro. As-Syarifah
‘Alwiyah adalah isteri Muhammad Ar-Rakhilaih bin Umar bin Ali Ba’Umar. Ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) dari Ãl Hamiysi’
As-Syanhajy.
Adapun anak-anak beliau yang laki-laki adalah :
1. Ay-Syĕkh Ahmad.
Wafat di Tarim tahun 829 H.
2. As-Syĕkh Muhammad. Wafat di Tarim tahun 820 H.
3. As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran. Wafat di Tarim tahun 821 H.
4. As-Syĕkh Umar Al-Mahdhor. Wafat di Tarim tahun 833 H.
5. As-Sayyid Ali. Wafat tahun 840 H.
Ibunda beliau adalah seorang wanita sholeh dari kabilah arab
Al-Basyiban yang berasal dari Seiwun.
6. As-Sayyid Alwi. Wafat di Tarim pada tahun 826 H.
7. As-Sayyid Abdullah. Wafat di Tarim tahun 857 H.
8. As-Syĕkh Syeikh. Wafat di Tarim tahun 837 H.
Ibunda mereka (Alwi, Abdullah dan Syeikh) ini bernama Fatimah Aisyah
bin Yahya Qatiyn.
9. As-Sayyid Aqil. Wafat di Tarim tahun 871 H.
10. As-Sayyid Ja`far. Wafat tahun 829 H.
11. As-Sayyid Ad-Dza iq Hasan. Wafat tahun 830 H.
Ibunda mereka bernama Maryam binti Salim Al-Hudailiyah. Berasal dari daerah Asy-Syanahizah.
12. As-Sayyid Ibrahim. Wafat di Tarim tahun 875 H.
Ibunda beliau bernama Uwaisyah binti Ali Balhaj.
13. As-Sayyid Husein. Wafat di Tarim tahun 892 H.
Ibunda beliau bernama Asma` Fulana binti Ba Ubayd
Keagungan dan kemuliaan beliau
Maqam beliau Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra adalah seorang
wali yang bermaqam Qutb Al-Ghauts, satu derajat kewalian tertinggi.
Beberapa riwayat yang berkaitan dengan masalah maqam ini akan kami
kemukakan sebagian.
As-Syĕkh Al-Jalil Al-‘Arif Muhammad bin Hasan Al-Mu’allim Ra berkata :
“Telah datang kepadaku suatu sosok ghaib yang berkata, ’As-Syĕkh
Abdurrahman adalah seorang Wali Qutb’.
Aku pun lalu berta’awwuz karena
aku khawatir hal ini berasal dari syaithan, kemudian aku terdiam
sesaat, setelah itu ia mendatangi diriku lagi dan berkata seperti tadi,
lalu aku membaca ta’awwuz lagi, dan pada waktu ketiga kalinya ia
mendatangi diriku kembali, ia berkata; ”Apakah engkau tidak mau
membenarkan perkataanku bahwa As-Syĕkh Abdurrahman adalah seorang
Qutb?” Riwayat yang lain berasal dari anak beliau sendiri yaitu;
As-Syĕkh Al-Wali Badruddin Hasan bin As-Syĕkh Abdurrahman R.Anhuma,
beliau berkata :
“Sekali waktu aku duduk berdua bersama ayahku di Masjid beliau pada
tahun 814 H, beliau berbicara panjang lebar kepadaku dan di tengah
perbincangannya, ayahandaku berkata kepadaku beliau telah memakai
Qamiys Qutb selama dua puluh dua tahun dan selama itu beliau tidak
pernah makan kecuali minum air dingin.”
Masjid As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra
Didirikan oleh beliau pada th 768 H. Banyak diambil dari kesaksian para
Wali bahwa Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff telah
mencapai martabat Quthbiyyah. Dan telah menjadi ijma` sari seluruh
wali, bahwasanya seluruh wali di masa itu berada di bawah panji beliau
tanpa terkecuali. Salah seorang saudara Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman
As-Segaff Ra bercerita : “Sungguh telah terjadi perselisihan antara
diriku dan saudaraku, Abdurrahman As-Segaff. Sebenarnya perselisihan
ini awalnya bermula hanya pada masalah harga dagangan kurma, hingga
kemudian menimbulkan pemikiran pada diriku mengapa saudaraku itu bisa
lebih tinggi derajatnya dari pada diriku? Aku berpuasa seperti dia
berpuasa. Sholatnya pun sama dengan sholatku dan ayahanda kami juga
satu. Selain itu tamuku juga lebih banyak dari tamunya. Akhirnya pada
satu malam aku bermimpi, aku melihat suatu sosok yang bercahaya dan
berkata kepadaku: “Apakah engkau berpikir derajatmu sama dengan
saudaramu Abdurrahman?” aku pun menjawab, “Benar” kemudian cahaya
tersebut berkata kepadaku, “Jalanlah bersamaku.”
‘Maka ia membawaku kepada saudaraku Abdurrahman. Dalam mimpiku itu aku
mendapati seluruh tubuhnya diselimuti oleh cahaya, dan di setiap sendi
tubuhnya tertulis dengan cahaya, surah Al-Ikhlas dan kalimat tauhid:
Laa Ilaaha Illallah Muhammadar Rasulullah. Kemudian sosok bercahaya
tersebut berkata kepadaku, “Jika engkau telah mencapai derajat seperti
ini maka bolehlah engkau mengatakan dirimu lebih ataupun sama dengan
saudaramu Abdurrahman.” Maka semenjak itu aku pun memandang saudaraku
Abdurrahman lebih tinggi derajatnya daripada diriku.’”
Para Wali Al-‘Arifin dan para ulama Al-Muhaqiqin menjuluki beliau
dengan As-Segaff. Untuk menutupi keagungan hal beliau atas ahli zaman
di kala itu sebagai kata isyarat yang makna seutuhnya hanya dimengerti
oleh kaum Khawas dikarenakan beliau sendiri sangatlah membenci
kemasyhuran.
Dengan segala kemuliaan yang telah Allah berikan kepada
beliau, telah membuat dirinya tersohor kesegala penjuru negeri.
As-Segaff yang dalam arti lughoh adalah bermakna “di atas” adalah
mengandung pengertian kedudukan beliau adalah “di atas” seluruh para
wali pada zaman itu secara keseluruhan tanpa terkecuali. Hal ini
menyatakan bahwa maqom beliau adalah Qutb Al-Ghauts. Dan lazimnya
setiap wali yang bermaqom seperti itu dalam perumpamaannya adalah
bagaikan atap rumah yang menaungi para penghuni rumah, dalam hal ini
rumah yang dimaksud adalah “wilayah” dan konteks yang dimaksud adalah
apa yang disebut oleh kaum Sufi dengan “Tashrif Dairatul wilayah.” Atau
semacam kedudukan rantai komando tapi dalam dunia kewalian. Pernah
diriwayatkan oleh beberapa murid dari Al-Imam As-Segaff, sekali waktu
para Wali di suatu daerah menyerahkan “tashrif wilayah” mereka kepada
beliau, dengan membaiat beliau sebagai pemimpin mereka, kejadian ini
mengisyaratkan bahwa para wali tadi menyerahkan kepemimpinan kewalian
mereka kepada Al-Imam As-Segaff, dalam seluruh perkara kewalian pada
saat seperti ini Al-Imam As-Segaff berlaku sebagai Ghust Al-Wali bagi
mereka, kedudukan tinggi yang tidak bisa dianggap main-main, mengingat
“Ghaust” lazimnya berlaku bagi kaum Awam, bisa dibayangkan bagaimana
Ghaust bagi para Wali? Muhammad bin Hasan bin Abu Bakar berkata,
“Ketika aku sedang tidur, aku mendengar suara dalam mimpiku yang
berkata,
Permata-permata adalah Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali
dan anak beliau Sayyidina Alwi Al-Ghuyur dan anak beliau Ali dan anak
beliau Muhammad bin Ali Maula Ad-Dawiylaih. Kemudian aku bertanya,
‘Lalu bagaimana dengan Abdurrahman As-Segaff’ dan suara itu menjawab,
‘Ia adalah permata dari segala permata.’”
Majelis beliau Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff
mempunyai majlis yang masyhur dan selalu dihadiri para Wali dan para
Rijal Al-Ghaib dari segala penjuru dunia. Ada satu riwayat yang
bercerita bahwa beliau sekali waktu pernah didatangi seorang lelaki
asing di tengah Majlis beliau yang tiba-tiba berkata kepada beliau :
“Kenapa engkau membuka rahasia hakekat kepada khalayak ramai?”
kemudian dijawab oleh beliau, Lalu bertanya murid beliau yang bernama
Al-Imam Al-Wali Abu Bakar bin Alwi As-Syaibah, ”Bagaimanakah ciri
laki-laki tersebut?”. Al-Imam As-Segaff lalu memberikan ciri laki-laki
yang berbicara kepada beliau itu yang kemudian dijawab kembali oleh
Al-Imam Abu Bakar Asy-Syaibah, “Hazihi shifatul ghozali yujizuka
bitakallamu `alan naas.” (Ini adalah Al-Imam Al-Ghozali dan banyak yang
telah menyaksikan bahwa yang belajar pada beliau adalah para ahli
al-kasyaf yaitu para Wali Allah dan Arrijalul Ghoib.) Al-Arif Billah
Muhammad bin Ali Azzubaidi meriwayatkan: “Aku telah menyaksikan sendiri
bahwa As-Syĕkh Abdul Qodir Al-Jaelani telah membaca Al-Miatain di
hadapan Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Dan aku telah
menyaksikan sendiri Al-Imam Al-Ghozali membaca kitabnya yang terkenal
yaitu kitab Al-Ihya di depan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman
As-Segaff.”
Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, pada
awalnya kurang menyukai majlis Sima`. Kemudian karena selalu menghadiri majlis
Sima` maka akhirnya beliau mencintai majlis tersebut. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman
As-Segaff Ra, bila tengah mendapatkan waridan, maka akan terlihatlah hāl beliau
yang luar biasa di tengah khalayak ramai, sehingga terlihatlah dengan jelas
kemuliaan beliau di sisi Allah SWT, terkadang para hadirin yang kala itu
mendengarkan perkataan beliau pun, juga akan mendapatkan haibah yang agung
karena mendengarkan perkataan beliau.
Sekali waktu, tatkala seorang saudara beliau yang bernama As-Syĕkh Ali meninggal dunia, Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff merasakan kesedihan yang mendalam hingga beliau meninggalkan majlis sima` ini sampai beberapa waktu. Kemudian ketika beliau kembali mengadakan majlis sima`, beliau berkata mengenai hal itu, “Kami menginginkan meninggalkan hal tersebut, tetapi sima` tidak meninggalkan kami.”
Sekali waktu, tatkala seorang saudara beliau yang bernama As-Syĕkh Ali meninggal dunia, Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff merasakan kesedihan yang mendalam hingga beliau meninggalkan majlis sima` ini sampai beberapa waktu. Kemudian ketika beliau kembali mengadakan majlis sima`, beliau berkata mengenai hal itu, “Kami menginginkan meninggalkan hal tersebut, tetapi sima` tidak meninggalkan kami.”
Hadhrah As-Segaff
Dalam setiap kesempatan di Majlis beliau, setelah sholat Isya pada
setiap malam Kamis dan Senin, biasanya dibacakan beberapa Nasyid kaum
sufi yang diiringi dengan beberapa alat musik seperti rebana dan
seruling. Hal ini kemudian dilanjutkan oleh Sayyidina As-Syĕkh Al-Kabir
Ahmad bin Husein Al-‘Aidrus dengan mengajak beberapa ahli pembaca
Nasyid dari Mesir dan ‘Iraf. Dan ritual atau kebiasaan ini masih
berlangsung hingga sekarang terhitung sudah berjalan selama lebih
kurang 600 tahun
Alat musik seruling peninggalan dari zaman Sayyidina Al-Imam
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra yang masih digunakan sampai sekarang.
Pembacaan Hadhrah di Masjid
Perkataaan para Wali Allah mengenai beliau As-Syaikhah Al-‘Arifah
As-Sayyidah Sulthanah binti Ali Az-Zubaidy R.Anha mengisahkan :
“Bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hendak datang ke tempat kami
maka aku akan melihat, sesaat sebelum kedatangan beliau, tempat kami
dan sekitarnya ditumbuhi oleh rumput yang menghijau seolah-olah tanaman
tersebut tumbuh di tempat subur yang banyak airnya, kemudian setelah
itu aku mendengar suara:
“Telah datang kepada kalian seorang sulthan anak dari seorang sulthan.”
Tubuh dari Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff selalu
mengeluarkan aroma yang sangat harum walau tanpa diberi wewangian, maka
bilamana beliau masuk ke satu rumah, maka orang pun akan tahu bahwa
rumah tersebut pernah disinggahi oleh Sayyidina Imam As-Syĕkh
Abdurrahman As-Segaff karena bau wangi yang masih melekat pada rumah
tersebut. Begitu juga bila beliau berjalan, maka orang-orang pun akan
tahu bahwa jalan tersebut pernah dilalui oleh Sayyidina Al-Imam
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, karena masih terciumnya aroma wangi
dari Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Mengisyaratkan
hal ini, murid beliau yaitu As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib berkata di
dalam syi`irnya :
Lidah Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff tidak pernah putus di
dalam zikrullah.
Begitu juga hati beliau yang selalu mengingat Allah
dalam siang maupun malam. Banyak murid-murid beliau yang mendengar
suara zikir yang berasal dari hati beliau, terdengar hingga keluar oleh
orang banyak. Dan semua ulama dan wali besar di zaman itu telah
menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri, bahwa dari setiap
sendi-sendi tubuh Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hingga rambut
dan kulit beliau, sering kali terdengar suara dalam berzikir kepada
Allah SWT.
Kisah-kisah kekeramatan As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff
Mengenai kekeramatan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, seorang
murid beliau yang bernama As-Syĕkh Abdurrahman bin Muhammad Al-Khotib
telah banyak menceritakan di dalam kitab Al-Jauhar As-Syafaf sebanyak
lebih kurang 100 hikayat mengenai kekeramatan dan ahwal beliau yang
sangat luar biasa. Di dalam bukunya tersebut As-Syĕkh Abdurrahman
Al-Khotib berkata :
“Bilamana beliau mendoakan seorang gadis maka gadis itu pun akan
menikah, dan bilamana beliau mendoakan bagi perempuan yang mandul maka
perempuan yang mandul itu pasti melahirkan seorang anak.
Dan bilamana
Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendoakan seorang yang
miskin itu dengan kekayaan, maka si miskin tersebut pasti dikayakan
oleh Allah SWT, dan bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berdoa
untuk orang yang bermaksiat agar bertaubat, maka mereka pun akan
bertaubat dan bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendoakan seorang
yang bodoh agar menjadi pintar maka orang itu akan dibukakan hatinya
oleh Allah SWT untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.”
Sebagian kecil dari kisah kekeramatan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh
Abdurrahman As-Segaff R.a adalah sebagai berikut :
1. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff ber- Tajazzu Al-Imam
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, seringkali terlihat di banyak tempat
dalam satu waktu yang bersamaan. Selain itu pernah disaksikan oleh
banyak orang bahwa beliau menghilang sekejap dari baju beliau namun
kemudian dalam sekejap itu pula beliau kembali lagi, sebelum baju
beliau sempat jatuh ke tanah. Sekali waktu Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh
Abdurrahman As-Segaff berniat akan melakukan ibadah haji ke Masjidil
Haram dan di dalam niatnya beliau bertekad untuk tinggal di sana
selama-lamanya, semata-mata hanya untuk beribadat dan bertasbih memuji
Allah SWT, dan tidak akan pulang lagi ke Hadhramaut. Tetapi di tengah
perjalanan menuju ke Masjidil Haram, beliau bertemu dengan Rasulullah
SAW bersama para sahabat dan beberapa Wali, termasuk di dalamnya adalah
ayahanda beliau yaitu Sayyidina As-Syĕkh Muhammad Maula Ad-Dawilaih.
Mereka semua meminta kepada Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman
As-Segaff agar mengurungkan niat beliau tersebut dan pulang ke
Hadhramaut. Mereka berkata: “Sesungguhnya maqommu lebih bermanfaat di
Hadhramaut.” Maka beliau pun pulang tanpa pernah melakukan ibadah haji.
Tetapi anehnya, banyak orang yang melihat beliau berada di Mekkah
setiap tahunnya menunaikan ibadah haji. Sehingga banyak orang yang merasa bingung dan bertanya kepada beliau, “Apakah anda telah melakukan
haji?”, dan beliau menjawab, “Kalau dalam keadaan zhohir tidak pernah.”
2. Makanan yang tidak diketahui asalnya. Berkata murid beliau Sayyidina
Al-Wali Muhammad bin Hasan Jamalullail: “Suatu ketika aku sedang berada
di masjid Jami’ As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, dan pada waktu itu aku
dalam keadaan lapar. Beliau sendiri terlihat sedang duduk di
tengah-tengah masjid, kemudian beliau memanggilku dan tiba-tiba di
samping beliau terdapat makanan yang lezat yang membuatku
terheran-heran, lalu aku bertanya kepada beliau, ‘Siapakah yang
mengantarkan makanan ini?’ dan beliau menjawab, ‘Pelayan perempuan.’
Padahal tidak ada satu orang pun yang kulihat memasuki masjid, hingga
aku memperhatikan sekeliling masjid sekali lagi, tapi memang tidak ada
satu orang pun yang kulihat.” Kejadian ini mengingatkan kita seperti
kejadian Siti Maryam ketika mendapatkan buah-buahan di Mihrabnya dan
membingungkan Nabi Zakaria AS yang melihatnya. Kejadian ini adalah
pembuktian benarnya sabda Baginda Rasul Allah SAW yang menjelaskan
kemuliaan umatnya; bahwa Ulama umat Nabi Muhammad SAW menyamai derajat
para Nabi Bani Israil .
Beliau wafat di kota Tarim pada hari Kamis, 23 Sya’ban tahun 819 H
(1416 M). Ketika mereka hendak memalingkan wajah beliau ke kiblat,
wajah tersebut berpaling sendiri ke kiblat. Jasad beliau disemayamkan
pada pagi hari Jum’at, di pekuburan Zanbal,Tarim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar